PSIKOLOGI MANAGEMEN
Apakah itu Psikologi Managemen?
Psikologi manajemen adalah ilmu yang
mempelajaari tentang bagaimana mengatur atau me-manage sumber daya yang ada
untuk memenuhi kebutuhan. Lalu bagaimana kaitannya dengan psikologi ? Psikologi
itu sendiri sangat berkaitan erat dengan manusia dan prilakunya . Selanjutnya dalam sebuah perusahan dimana pun
tenaga SDM adalah bagian terpenting sebagai modal kerja.
Ø Organisasi
Stoner mengatakan bahwa organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
Ø Organisasi (Industri)
Dapat
dipandang sebagai suatu sistem terbuka yang dilingkupi oleh suatu batas sistem.
Sistem itu sendiri adalah satu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen
yang berhubungan dan membentuk subsistem.
Lalu
apa itu sistem terbuka?
Ialah
menerima dari luar, seperti bahan baku pembuatan produk ada yang berasal dari
luar perusahaan, cara kerja yang mencontoh dari perusahan lain. Lalu memberikan
keluar maksudnya adalah kita memasarkan suatu produk, cara kerja perusahaan
yang kita tularkan ke perusahan lain.
Dalam sebuah perusahan dipastikan
memiliki managemen kerja, sekarang kita akan membahas fungsi dari managemen itu
sendiri.
•
Fungsi Manajemen
–
Perencanaan
(Planning)
memikirkan
apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan
untuk menentukan stategi dan taktik secara keseluruhan dan cara terbaik untuk
memenuhi tujuan itu.
–
Pengorganisasian
(Organizing)
proses
yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,
sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa
semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna
pencapaian tujuan organisasi.
–
Pengarahan (Directing)
suatu
tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai
sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
–
Pengawasan dan
Pengendalian (Controlling)
suatu
aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian
dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
•
Sumber
Daya
– Sumber Daya Manusia
Tenaga
kerja atau karyawan yang bekerja dalam perusahan
– Sumber Daya Informasi
Salah satu sumber utama dari perusahaan & ia dapat
dikelola seperti halnya sumber lain, informasi adalah hasil dari interaksi
antara dua orang atau lebih yang kemudian dikelolah sebagai data bisa berupa
perjanjian kontrak kerja, peraturan kerja dan sebagainya
– Sumber Daya Fisik
Komponen
atau peralatan kerja seperti meja, kursi, computer, LCD, scanner, kamera,
hard-disk dan sebagainya.
– Sumber Daya Keuangan
Salah
satu sumber utama perusahan berupa modal dalam melakukan transaksi, seperti
penanaman modal, modal pembuatan produk atau sebagai pemasukan (penghasilan
dari penjualan)
– Sumber Daya Alam
segala potensi yang berasal dari alam seperti tanah, air, dan
sebagainya yang kemudian dikelolah untuk kepentingan perusahaan.
Ø KOMUNIKASI
Komunikasi adalah
proses pertukaran informasi atau mengirim berita dari satu orang ke orang lain.
Terdapat beberapa unsur dalam komunikasi, yaitu :
–
Adanya pengirim berita ( Pemberi Informasi)
–
Penerima berita (Penerima Informasi)
–
Berita yg dikirim
•
Fakta dan informasi
•
Emosi
•
Fakta yg bercampur emosi
–
Media pengiriman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar